Perbedaan Nokia G20 dan Nokia C20

Perbedaan Nokia G20 dan Nokia C20

Nokia G20 dan Nokia C20 adalah dua ponsel yang akan diluncurkan bersamaan pada April 2021, bersama dengan Nokia G10 dan Nokia C10.

Sama-sama punya nomor 20, nyatanya Nokia G20 dan C20 punya banyak perbedaan. Hal ini dikarenakan seri G dan seri C didesain untuk harga pasar yang berbeda, sehingga kualitas dan spesifikasi masing-masing disesuaikan dengan harganya.

Meski demikian, HMD Global sebagai pemegang lisensi Nokia tetap menunjukkan hal-hal baik di setiap produknya, seperti kualitas kamera dan juga keindahan desain bodi yang berbeda dengan kompetitornya. Daripada penasaran, simak perbedaan Nokia G20 dan C20 berikut ini.

Nokia G20 dibanderol dengan harga Rs 2 juta, sedangkan Nokia C20 dibanderol dengan harga Rs 1 juta. Mau tahu apa saja perbedaannya? Silakan merujuk ke poin-poin berikut.

1. MediaTek Helio G35 vs. Unisoc SC9863A

Nokia memiliki sistem penamaan produk yang tidak terlalu sulit untuk diikuti. Untuk Nokia G, umumnya di kisaran harga yang lebih mahal daripada Nokia C dan seri ini juga lebih didedikasikan untuk game.

Inilah sebabnya, di Nokia G20, pengguna mendapatkan dukungan chipset MediaTek Helio G35 yang merupakan SoC khusus entry-level yang cukup garang untuk sebuah ponsel di kelas harga 1 jutaan. Hal ini tentu menjadi kekurangannya, karena Nokia G20 sendiri dibanderol dengan harga 2 jutaan yang seharusnya menggunakan chipset yang lebih mumpuni.

Lalu ada juga Nokia C20 yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 1,5 jutaan, dan hanya memiliki fitur Unisoc SC9863A yang memiliki proses manufaktur 28nm. Di antaranya, keduanya menggunakan pengaturan prosesor seperti cluster ARM Cortex A5X, khususnya A53 untuk Nokia G20 dan ARM Cortex A55 untuk Nokia C20.

Chipset yang terpasang pada Nokia G20 sendiri mampu mencapai clock speed 2,3 GHz, sedangkan Nokia C20 hanya mencapai 1,6 GHz, dari sini terlihat jelas apakah Nokia G20 memiliki performa yang lebih dari C20.

Namun, jangan berharap bisa memainkan game Genshin Impact dengan lancar. Pasalnya, Helio G35 sendiri merupakan salah satu chipset gaming dengan performa terburuk dari MediaTek. Bahkan ponsel Redmi 9A yang dibanderol di bawah satu juta rupiah sudah menggunakan Helio G35.

2. Kamera empat vs. Kamare sederhana

Inilah yang membuat perbedaan antara keduanya begitu jelas. Ya, ada empat kamera di Nokia G20 atau yang biasa disebut dengan quad camera. Tentunya jauh lebih baik dengan Nokia C20 yang hanya memiliki satu kamera. Tentu saja namanya juga 1 juta HP.

Di Nokia G20, pengguna lebih leluasa dalam penggunaan fotografi, yang meliputi kamera 48 MP sebagai lensa utama dan sensor ultra-wide 5 MP yang dapat digunakan untuk memperlebar bidang pandang saat memotret. .

Sedangkan untuk dua lensa lainnya yaitu macro dan depth sensor sama-sama memiliki resolusi 2 MP. Perhatikan bahwa kamera makro ini berguna jika Anda ingin memotret objek kecil dengan jarak yang sangat dekat (close-up).

Sementara itu, depth sensor digunakan untuk menghadirkan efek bokeh, yang memfokuskan objek depan dan memburamkan latar belakang.

Untuk kamera belakang Nokia C20, Anda hanya bisa menikmati lensa 5 MP. Dari segi videografi, Nokia G20 mampu menghadirkan perekaman video 1080p, sedangkan Nokia C20 hanya mentok di 720p.

3. Ketersediaan NFC

Nokia G20 yang merupakan versi global diketahui telah mengantongi fungsi NFC yang merupakan singkatan dari Near Field Communication. Jarang ada ponsel Rs 2 crore yang memiliki fitur ini, keunggulan yang layak disebutkan dibandingkan Nokia G20.

Namun, pengenalan NFC ke dalam jajaran ponsel murah sepertinya sudah menjadi ciri khas Nokia. Lagi pula, beberapa ponsel Nokia lainnya seperti Nokia 4.2, Nokia 3.1 Plus, dan Nokia 5.3 juga telah diperkenalkan dengan NFC.

Dalam hal ini, Nokia C20 jelas tidak dapat dipindahkan. Sangat jarang satu juta ponsel memiliki fungsi NFC dan tidak terkecuali ponsel ini.

4. Varian RAM dan Memori Internal

Bagi Anda yang peduli dengan performa di kisaran harga budget HP, tentunya Anda perlu memperhatikan besaran RAM di setiap ponsel. Nokia G20 yang sebenarnya lebih mahal dari C20 ini memiliki RAM 4 GB yang cukup baik.

Sebagian orang beranggapan bahwa RAM 4 GB adalah “minimal” untuk bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik. Oleh karena itu, Nokia C20 juga dinilai kurang menarik karena hanya memiliki RAM 1 GB dan 2 GB.

Oleh karena itu, Nokia C20 juga mengantisipasi minimnya performa dengan memperkenalkan Android 11 GB Edition. Perhatikan bahwa Android 11 GB Edition adalah versi ringan Android yang didedikasikan untuk RAM kecil, biasanya 2 GB atau kurang.

Go Edition ini dapat membuka aplikasi 15% lebih cepat dari Android biasa. Selain itu, Android Go 11 Edition 20% lebih cepat dari Android 10 Go Edition.

Anda dapat menginstal aplikasi dengan versi yang lebih ringan seperti YouTube Go, Maps Go, dan lainnya. Tetapi jika Anda benar-benar ingin merasakan aplikasi biasa, aplikasi normal masih tersedia di Google Play Store.

Selain RAM, Anda juga akan menemukan perbedaan memori internal antara Nokia G20 dan Nokia C20. Nokia G20 lebih besar dengan memori internal 64 GB dan 128 GB, sedangkan Nokia C20 hanya dibekali memori internal 16 GB dan 32 GB.

Refensi : Berita Teknologi Terbaru